Minggu, 16 Maret 2008

PERAYAAN MINGGU PALMA

Perayaan mengenang masuknya Sang Juru Selamat, Yesus Kristus, ke Kota Yerusalem (Perayaan Minggu Palma) menjadi awal dari rangkaian sengsara, wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Dalam perayaan ini, Yesus mengalami perubahan radikal dari dielu-elukan sebagai raja berubah dihujat bagai penjahat.....namun karena kasihNya terhadap kita Ia rela dan tabah menerima tugas berat yang diserahkan Bapa kepadaNya untuk menebus dosa-dosa manusia. Inilah inti renungan yang disampaikan oleh Pastor Lukas Kelwulan, Pr yang memimpin Perayaan Minggu Palma di Paroki Santa Maria Biak.

Perayaan Minggu Palma dipusatkan di halaman gereja, diawali dengan pemberkatan daun-daun palma yang dibawa oleh umat kemudian dilanjutkan dengan perarakan yang diawali oleh kelompok misdinar disusul anak-anak sekolah sekolah minggu kemudian kelompok koor dari kring Gabriel dan kring Stella Maris disusul oleh umat menurut kring masing-masing kring. Barisan perarakan ini diakhiri oleh barisan Pastor dam patugas lektor. Masing-masing kring menyanyikan lagu-lagu perarakan yang membuat perarakan semakin semarak dan meriah. Perarakan dilakukan melalui jalan raya yang mengelilingi kompleks gereja dan komplkes missi dan masuk kembali ke gereja, dilanjutkan dengan perayaan ekaristi.

Dalam menyambut perayaan Pekan Suci ini umat Paroki St. Maria Biak merasa berbahagia karena mendapat pelayanan dari Pastor Lukas Kelwulan, Pr yang sedang melaksanakan cuti di Biak sampai akhir Maret. Pastor Lukas sendiri dalam kesehariannya bertugas sebagai staf pengajar pada salah seminari di Ambon yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan tenaga-tenaga imam.

Tidak ada komentar: